cara mudah membuat jaringan komputer

Posted On 18.45 by raja7blogspot.com |



JARINGAN KOMPUTER

  1. Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer dapat di artikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah Komputer otonom. Dua buah komputer dikatakan membentuk network bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Pembatasan istilah otonom disini adalah untuk membedakan dengan sistem master atau slave. Bila sebuah Komputer dapat membuat komputer yang lainnya aktif atau tidak aktif dan mengontrolnya, maka komputer tersebut tidak otonom. Sebuah sistem dangan unit pengendali (control unit) dan sejumlah komputer lain yang merupakan slave bukan suatu jaringan, komputer besar dengan remote printer dan terminalpun bukanlah suatu jaringan.

  1. Sejarah Jaringan Komputer

Sejarah jaringan komputer adalah sejarah yang komplek. Sejarah ini melibatkan banyak orang dari semua penjuru dunia pada lebih dari 35 tahun terkhir. Dalam buletin ini disajikan dengan pandangan bagaimana internet ditemukan dan kemudian dikembangkan. Proses-proses penemuan komersialisasi dapat lebih rumit, tetapi hal ini dapat membantu untuk melihat bagaimana bagaimana dasar dari pengembangan jaringan komputer.

Pada tahun 1940 komputer adalah suatu alat yang ukurannya besar yang sangat rentan terhadap kesalahan. Pada tahun 1947, ditemukan transistor semikonduktor bukan banyak kemungkinan untuk membuat komputer dengan ukuran lebih kecil, dan tentunya lebih handal. Pada tahun 1950 institusi-institusi besar mulai mengunakan komputer-komputer mainframe, dimana dijalankan dengan program-program punched card. Pada akhir tahun 1950, transistor pada suatu semi kondoktor yang kecil telah ditemukan.

Pada akhir 1960 dan 1970 komputer-komputer yang lebih kecil dengan sebutan mini komputer telah diciptakan. Walau bagaimanapun, mini komputer masih dalam ukuran yang sangat besar dibanding dengan standart modern saat ini. Pada tahun 1977, Apple Computer Company memperkenalkan mikro komputer, dimana dikenal dengan sebutan MAC. Pada tahun 1981 IBM memperkenalkan PC pertamanya MAC yang user-friendly, IBM PC yang open architecture, dan langkah jauh dari proses “micro-minilasi” dari IC membawa penyebaran luas dari PC baik dirumah maupun dikantor-kantor.

Pada pertengahan 1980 penguna PC mulai mengunakan modem untuk berbagai file dengan komputer lain. Hal ini dikenal dengan sebutan point-to-point, atau komunikasi dial-up. Konsep ini disebar oleh penggunaan Komputer yang merupakan pusat dari komunikasi dalam koneksi dial-up. Komputer – komputer ini disebut bulletin boards. Para pengguna akan konek ke buletin boards, meninggalkan dan mengambil pesan sebagaimana upload dan download file. Kekurangan dari tipe ini adalah sangat sedikitnya komunikasi langsung dan selanjutnya hanya orang – orang tertentu yang yang tau tentang buletin boards. Pembatasan lain dari buletin boards adalah satu modem per satu koneksi. Jika lima orang terhubung secara simultan, hal ini akan memerlukan lima modem terkoneksi ke lima jalur telepon terpisah.

Jumlah orang yang ingin menggunakan sistem ini berkembang, sistem ini selanjutnya tidak dapat meng-handle kebutuhan yang terus meningkat. Sebagai contoh, bayangkan jika 500 orang ingin terhubung dalam waktu yang bersamaan.

Dari tahun 1960-an ke tahun 1990-an Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD) mengembangkan Wide-Area Networks (WANs) yang besar, dapat dihandalkan untuk militer dan alasan – alasan sains. Teknologi ini berbeda dari komunikasi point-to-point yang digunakan dalam bulletin boards. Hal ini memungkinkan beberapa komputer untuk terhubung secara bersamaan melalui beberapa jalur berbeda. Jaringan itu sendiri akan bisa membedakan bagaimana memindahkan data dari komputer satu kekomputer yang lain. Satu koneksi dapat digunakan untuk berhubungan dengan banyak komputer pada saat yang bersamaan. Jaringan yang diterapkan DoD nantinya akan menjadi jaringan yang mendunia pada saat ini yang disebut internet.

  1. Manfaat Jaringan Komputer

Secara umum, jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri dan dunia usaha telah pula mengakui bahwa akses ke teknologi informasi modern selalu memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi.

a) Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer berkualitas rendah di masing masing dunia kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah yang sama.

b) Jaringan membantu pertahanan informasi agar tetap handal dan up-to-date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses kedata sewaktu sedang diproses.

c) Jaringan membantu kita mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.

d) Jaringan memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjualan, pemetaan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semua pembantu team bekerja lebih produktif.

e) Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif. Akses lebih jauh-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien dilapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.

  1. Komponen Jaringan Komputer
  • Perangkat keras

Untuk jaringan komputer atau LAN (Local Area Network) sederhana mengandung beberapa komponen atau perangkat keras yang sangat penting dan merupakan kebutuhan utamanya. Perangkat keras yang dimaksud antara lain:

  • Komputer yang digunakan sebagai Server
  • Beberapa komputer untuk workstation
  • NIC (Network Interfance Card)
  • HUB atau Switch yang mendukung FO ( Fiber Optic)
  • Kabel UTP
  • Conector RJ45
  • VDSL Converter
  • UPS jika diperlukan

Peralatan tersebut merupakan kebutuhan standar dan harus ada untuk sebuah jaringan. Kemudian apabila jaringan komputer di kantor anda akan ditingkatkan atau lebih besar lagi harus ditambah beberapa hardware lain seperti:

  • Repeater
  • Bridge
  • Router
  • Gateway

ü NIC (Network Interface Card)

Yang dimaksud NIC dalam buku ini adalah kartu jaringan atau LAN Card berupa papan elektronik yang nantinya ditanam atau dipasang di setiap komputer yang akan dihubungkan ke suatu jaringan. Jaringan ini tidak terbatas pada LAN (Local Area Network) saja bisa juga Workgroup.

Sesuai perkembangan teknologi khususnya jaringan, saat ini banyak jenis dan merk baru jaringan. Namun demikian ada tiga hal pokok yang perlu diketahui dari kartu jaringan atau NIC ini, yaitu tipe kartu, jenis protokol, tipe kabel yang didukungnya.

ü HUB atau Concentrator

Secara sederhana HUB bisa dikatakan suatu perangkat yang memiliki banyak port yang akan menghubungkan beberapa Node atau titik sehingga membentuk suatu jaringan pada topologi star. Pada jaringan yang umum dan sederhana salah satu port menghubungkan HUB tersebut ke komputer Server. Sedangkan port lainnya digunakan untuk menghubungkan komputer client atau workstation yang sudah memiliki NIC untuk membentuk suatu jaringan.

ü Bridge

Bridge adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah, baik tipe jaringan yang sama maupun berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet). Bridge memetakan alamat Ethernet dari setiap node atau titik yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan hanya memperbolehkan lalulintas data yang diperlukan melintasi bridge. Ketika menerima sebuah paket, bridge menentukan segmen tujuan dan sumber. Jika segmennya sama, paket akan ditolak, dan jika segmennya berbeda, paket diteruskan ke segmen tujuannya. Bridge juga bisa mencegah pesan rusak agar tidak menyebar keluar dari satu segmen.

ü Switch

Switch atau lebih dikenal dengan istilah LAN switch merupakan perluasan dari konsep bridge. Ada dua arsitektur dasar digunakan pada switch, yaitu cut-through dan store-and-forward.Switch cut-through memiliki kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tujuannya.

Sedangkan switch store-and-forward merupakan kebalikan dari switch cut through. Switch ini menerima dan menganalisa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan dan untuk memeriksa satu paket memerlukan waktu, tetapi ini memungkinkan switch untuk mengetahui adanya kerusakan pada paket dan mencegahnya agar tidak mengganggu jaringan.

Dengan switch ada beberapa keuntungan karena setiap segmen jaringan memiliki bandwidth 10 Mbps penuh, tidak terbagi seperti pada “shared network.” Dengan demikian kecepatan transfer data lebih tinggi. Jaringan yang dibentuk dari sejumlah switch yang saling berhubungan disebut “collapsed backbone.”

Saat ini perusahaan umumnya memilih jaringan Ethernet 10 Mbps pada segmen-segmennya dan Fast Ethernet 100 Mbps untuk koneksi ke server. Biasanya mereka menggunakan switch 10/100 yang biasanya memiliki beberapa port 10 Mbps untuk koneksi ke komputer client dan 1 port 100 Mbps untuk koneksi ke server atau komputer yang di anggap sebagai server.

ü VDSL

VDSL (Very high-bit-rate Digital Subscriber Line port) merupakan suatu alat atau piranti yang digunakan sebagai converter dari kabel UTP (RJ-45) ke kabel telepon (RJ 11). Dalam hal ini apabila anda akan menghubungkan jaringan LAN atau Intranet antar gedung yang jaraknya kurang lebih 500 meter masih memungkinkan dengan penambahan piranti VDSL ini. Masalah kecepatan transfer data tergantung merk VDSL yang digunakan. Bahkan untuk saat ini mulai banyak beredar di pasaran jenis VDSL yang kecepatannya bisa diatur sesuai keinginan (manageable).

ü Router

Router bekerja dengan cara yang mirip dengan switch dan bridge. Perbedaannya, router merupakan penyaring atau filter lalu lintas data. Penyaringan dilakukan dengan menggunakan protokol tertentu. Router pada dasarnya merupakan piranti pembagi jaringan secara logika bukan fisikal. Misalnya sebuah IP router bisa membagi jaringan menjadi beberapa subnet sehingga hanya lalu lintas yang ditujukan untuk IP address tertentu yang bisa mengalir dari satu segmen ke segmen lain. Contohnya bisa berupa jaringan biasa LAN (Local Area Network) atau WAN (Wide Area Network) atau jaringan global seperti Internet.

ü Repeater

Di dalam jaringan komputer, repeater berfungsi untuk memperpanjang rentang jaringan dengan cara memperkuat isyarat elektronis. Dengan menggunakan repeater, LAN yang memakai Ethernet dapat diperpanjang rentang jaringannya sampai 20 km dengan memasang repeater pada setiap 2,5 km.

ü Gateway

Gateway merupakan piranti yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan bridge, tetapi gateway dapat menjembatani jaringan yang berbeda dan menjalankan protokol sendiri-sendiri, contohnya komputer server yang terhubung dengan internet menjembatani komputer-komputer workstation yang ada di jaringannya untuk bisa terhubung juga dengan internet.

ü Kabel untuk jaringan

Saat ini ada beberapa tipe dan jenis kabel yang digunakan untuk suatu jaringan. Kabel UTP (unshielded twisted pair), coaxial, dan fiber optic adalah popular yang banyak digunakan.

  • Twisted Pair cable (UTP)

Kabel Twisted Pair Cable ini ada dua jenis yaitu shielded dan unshielded. Shielded adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus sedangkan unshielded tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel jenis ini menggunakan connector RJ-11 atau RJ-45.

Twisted-Pair (dikenal juga sebagai 10 Base T) cocok untuk jaringan kecil, sedang maupun besar yang membutuhkan fleksibelitas dan kapasitas untuk berkembang sesuai dengan pertumbuhan pemakai network.

Kabel Straight-through digunakan untuk menghubungkan komputer ke HUB. Kabel Crossed digunakan untuk menghubungkan HUB ke HUB (ada beberapa pengecualian: beberapa jenis HUB memiliki up-link port yang telah dicross secara internal, yang mana memungkinkan anda melakukan uplink HUB dengan suatu straight cable sebagai gantinya).

Pada suatu kabel Straight Through, kabel 1,2,3,dan 6 pada suatu ujung juga di kabel 1,2,3,dan 6 pada ujung lainnya. Pada suatu kabel cross over, urutan dari kabel diubah dari ujung yang satu ke ujung lainnya : kabel 1 menjadi 3 dan 2 menjadi 6.

  • Coaxial Cable

Media ini paling banyak digunakan sebagai media LAN meskipun lebih mahal dan lebih sukar penggunaanya dibandingkan Twisted Pair. Kabel ini memiliki Bandwith yang lebar, sehingga bisa digunakan untuk komunikasi Broadband. Thick Coaxial biasanya digunakan untuk kabel backbone pada jaringan instalasi Ethernet antar gedung. Dapat menjangkau jarak 500 m bahkan 2500m dengan menggunakan Repeater.

Thin Coax (dikenal juga sebagai 10 Base 2) adalah cocok untuk network rumah atau kantor, dengan dua atau tiga komputer. Kabel ini mirip seperti antena TV, harganya tidak terlalu mahal dan mudah pemasangannya.

Kabel jenis ini proses pemasangannya menggunakan konektor BNC. Pada jaringan jenis ini untuk menyambung ke masing-masing komputer menggunakan konektor (T-connector) dan setiap ujungnya menggunakan terminator atau penutup (5 ohm) jika tidak menggunakan HUB.

  • Fiber Optic (FO)

Jaringan yang menggunakan FO ini memang sangat jarang digunakan. Biasanya hanya perusahaan besar saja yang menggunakan jaringan dengan media FO. Karena harganya relatif mahal dan proses pemasangannya lebih sulit.

Namun demikinan, jaringan yang menggunakan FO ini dari segi kehandalan dan kecepatan tidak dirugikan lagi. Kecepatan pengiriman data dengan media FO ini lebih dari 100 Mbps dan bebas dari pengaruh lingkungan (noise).

  • Perangkat Lunak

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa perangkat lunak yang dimaksud dalam buku ini adalah software termasuk sistem operasi yang digunakan dalam membangun suatu jaringan, baik jaringan berbasis Windows (Workgroup atau Client server) maupun sistem operasi lain.

a. Sistem Operasi

Operating sistem yang digunakan Client adalah Microsoft Windows XP dan Windows Vista. Operating Sistem Yang digunakan Server adalah Microsoft Widows Server 2003 , Microsoft Windows Server 2000.

b. Program Aplikasi

Program aplikasi yang digunakan bebas. Disini mengunakan beberapa aplikasi saja, seperti mengolah kata, mengolah angka, mengolah data,dan aplikasi grafik yang diperlukan.

Selain aplikasi tersebut anda juga bisa menambah aplikasi lain apabila komputer anda dilengkapi Scanner. Aplikasi yang saya maksud adalah aplikasi yang mendukung pengolahan gambar hasil scanner tersebut.

c. Program Internet Sharing

Agar Semua komputer yang terkoneksi ke Jaringan Lokal bisa terkoneksi ke internet Seleruhnya, Di sini bisa Memanfaatkan Internet Sharing Microsoft Windows Sever, Windows Vista, Windows XP, Sudah menyediakan fasilitas untuk Internet Sharing Connection (ISC), dan ICF (Internet Connection Firewall). Disini bisa mengunakan aplikasi lain yang di sediakan penyelengara atau ISP.

d. Program Untuk Internet

Program yang dimaksud disini adalah Program untuk menjalankan fasilitas yang berhubungan dengan Internet. Dengan adanya program ini pemakai atau semua user bisa mengunakan fasilitas Browsing, Chating, E-mail, Download, dan sebagainya.

• Microsoft Intrnet Explorer

• Microsoft Outlook

• Windows massager

3.1.5 Jenis Jaringan Komputer

• Berdasarkan koneksi (keterhubungan)

1. Broadcast Links

2. Point-to-point

• Berdasarkan Skala:

1. Local Area Network (LAN)

2. Metropolitan Area Network (MAN)

3. Wide Area Network (WAN)

• Berdasarkan Topologi

1. Topologi Star

2. Bus

3. Ring

4. DLL

• Berdasarkan Arsitektur

1. Peer-to-peer

2. Client/Sever

• Berdasarkan fungsi:

Pada dasarnya setiap Jaringan komputer ada yang befungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus disediakan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer :

1. Jaringan Client-Server

Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain didalam jaringan dan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. Server dijaringan tipe client-server disebut dengan Dedicated Server karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.

Keunggulan

1. Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation.

2. Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat seorang pemakai yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan.

3. Sistem backup data lebih baik, karena pada jaringan client-server backup dilakukan terpusat di server, yang akan membackup seluruh data yang digunakan di dalam jaringan.

Kelemahan

1. Biaya operasional relatif lebih mahal.

2. Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.

3. Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu.

2. Jaringan Peer To Peer

Bila ditinjau dari peran server di kedua tipe jaringan tersebut, maka server di jaringan tipe peer to peer diistilahkan non-dedicated server, karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation.

Keunggulan

1. Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang dimilikinya seperti: harddisk, drive, fax/modem, printer.

2. Biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client-server, salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.

3. Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila salah satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.

Kelemahan

1. Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. Di jaringan client-server, komunikasi adalah antara server dengan workstation.

2. Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client-server, karena setiap komputer/peer disamping harus mengelola pemakaian fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri.

3. Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur keamanan masing-masing fasilitas yang dimiliki.

4. Karena data jaringan tersebar di masing-masing komputer dalam jaringan, maka backup harus dilakukan oleh masing-masing komputer tersebut.

  1. TOPOLOGI JARINGAN
    1. Pengertian Topologi Jaringan

Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring, star dan peer-to-peer network.

  1. Macam – Macam Topologi Jaringan

Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.

  • Topologi BUS

Topologi bus terlihat pada skema di atas. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:

Keuntungan Kerugian

• Hemat kabel

• Layout kabel sederhana

• Mudah dikembangkan • Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil

• Kepadatan lalu lintas

• Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak berfungsi

• Diperlukan repeater untuk jarak jauh

2. Topologi Token RING

Topologi TokenRING terlihat pada skema di atas. Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan ke setiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:

Keuntungan Kelemahan

• Hemat Kabel Peka kesalahan

• Pengembangan jaringan lebih kaku

3. Topologi STAR

Merupakan control terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasium sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:

Keuntungan Kerugian

• Paling fleksibel

• Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain

• Kontrol terpusat

• Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan

• Kemudahaan pengelolaan jaringan • Boros kabel

• Perlu penanganan khusus

• Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis

LOCAL AREA NETWORK (LAN)

Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencangkup wilayah kecil seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer jua dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai. Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau WIDE AREA NETWORK (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut:

1. Mempunyai pusat data yang lebih tinggi

2. Meliputi wilayah geografis yang lebih sempit

3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang di sewa dari operator telekomunikasi

Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem didalam jaringan tersebut.

3.4 CLIENT SERVER

• Definisi :

- Server (back end) = penyedia layanan yang menyediakan akses sumber daya jaringan

- Client (front end) = komputer yang meminta layanan dari server

• Client/Server yaitu jaringan komunikasi yang terdiri dari banyak client dan satu atau lebih server.

• Keuntungan :

- Penyimpanan data yang terpusat memberikan kemudahan untuk pengolaan dan backup data

- Penggunaan spesifikasi server yang optimal mempercepat proses komunikasi di jaringan

- kemudahan mengatur user dan sharing peralatan mahal

- Keamanan lebih terjamin

• Kekurangan :

- Biaya pembelian hardware dan software server

- Dibutuhkan administrator jaringan

Administrasi Jaringan LAN

Jaringan Komputer

Jaringan di Departemen Perindustrian RI dibangun agar mempermudah para karyawan dalam melakukan transmisi data, dan informasi secara efisien dan efektif. Oleh karena itu dibangun Local Area Network (LAN). LAN ini terlebih dulu di konfigurasi agar dapat digunakan seefektif mungkin sesuai dengan fungsi dan gunanya secara tepat.

Protokol yang digunakan adalah TCP/IP, karena memiliki kelebihan-kelebihan dibandingkan dengan yang lain. IP address yang digunakan adalah adalah kelas A.

Departemen Perindustrian RI memiliki 20 lantai. Dalam LAN mengunakan 3 backbone (jembatan) agar transmisi data dan informasi dapat berjalan dengan baik. Dengan LAN terbagi menjadi dua segmen yaitu, 10.1.0.0-10.1.x.x dan 10.2.0.0. Satu dengan backbone utama yaitu 10.2.0.0-10.2.0.30

Topologi Jaringan

Topologi yang digunakan pada Departemen Perindustrian RI adalah topologi STAR. Setiap workstation ataupun server akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer kekomputer yang lain, bila alamat-alamat yang dimaksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan dilewatkan.

Sentral dari jaringan berada pada manageable switch cisco WS-C3550-24SIM. Di switch ini yang mengkoneksikan semua swich yang berada dalam gedung Departemen Perindustrian RI. Semua switch yang berada dalam gedung Departemen Perindustrian RI. Semua komunikasi ini diteruskan ke alamat tujuan. Switch ini terhubung dengan media transmisi Twisted Pair Cable (UTP).

Kelemahan dari topologi ini adalah setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang di lewatkan dalam jaringan, sehinga bila terdapat ganguan di suatu node maka seluruh jaringan akan tergangu.

Keungulan topologi STAR adalah

• Pemasangan relative mudah, karena setiap alat/komputer hanya membutuhkan satu port I/O (Input/Output)

• Deteksi kesalahan cukup mudah

• Kerusakan pada salah satu link tidak mempengaruhi sambungan yang lain, asalkan HUB masih berfungsi dengan baik.

Komponen Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras (Hardware) adalah peralatan yang digunakan pada sisitem komputer, guna mencapai tujuan pengolahan data. Dimana hadware itu berbentuk fisik, dapat dilihat dan diraba. Dan hardware tersebut dapat berupa peralatan mekanik dan elekronik yaitu:

• Komputer dan perangkat-perangkat di dalamnya

• Printer di PUSDATIN memanfaatkan Printer secara bersama-sama dalam satu divisi, sehinga dapat menghemat biaya.

Server

Perangkat keras pada server yang digunakan Departeman Perindustrian RI sebagai berikut:

  • Router

Untuk menghubungkan antar swich, maka jaringan komputer Departemen Perindustrian RI dilengkapi dengan router. Roter yang digunakan adalah Router PC dengan software kario/winroute 2.4, merek Hp dan memiliki kemampuan 512 MB

Router memerlukan sebuah proses agar router tahu bagaimana dan kemana sebuah paket harus diteruskan. Proses ini disebut proses routing dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok, yaitu:

  • Static Routing

Router meneruskan paket dari sebuah network ke network yang lainnya berdasarkan rute (catatan: seperti rute pada bis kota) yang ditentukan oleh administrator. Rute pada static routing tidak berubah, kecuali jika diubah secara manual oleh administrator.

  • Dynamic Routing

Router mempelajari sendiri rute yang terbaik yang akan ditempuh untuk meneruskan paket dari sebuah network ke network lainya. Administrator tidak menentukan rute yang harus ditempuh oleh paket-paket tersebut. Administrator hanya menentukan bagaimana cara router mempelajari paket, dan kemudian router mempelajarinya sendiri. Rute pada dynamic routing berubah, sesuai dangan palajaran yang didapatkan oleh router.

  • Core Switch

Core swich pada Departemen Perindustrian RI ada dua jenis yaitu:

• Manageable Switch Core Cisco WS-C3550-24SMI

Sebagai backbone kabel UTP atau tulang pungung jaringan maka pada swich inilah koneksi terjadi, sebagai backbone swich cisco catalyst 2940-24 yang bertugas mengatur lalulintas jaringan.

• Switch Cisco WS-C3550-24SMI

Sebagai backbone fiber optic, switch ini berpusat sebagai pusat konfigurasi semua switch. Switch Cisco WS-C3550-24SMI terkoneksi ke server dengan kecepatan 1000 Mbps.

  • Proxy Server

Proxy Server adalah sebuah komputer yang berfungsi sebagai server yang melayani setiap request http ke internet, kemudian menyimpan object http tersebut ke dalam directori cache. Karena tugas server ini melayani request http ke internet, berarti proxy server berguna untuk memfilter request darimana dan kemana saja.

Sehingga secara umum proxy server berguna mengatur traffic web/http pada sebuah jaringan. Keuntungan mengunankan proxy server adalah hemat dalam mengunakan bandwidth internet. (Catatan), Kenapa hemat dalam, menggunakan bandwith internet ?……… , karena setiap object http yang sudah pernah diakses akan di simpan dalam directory cache, sehinga apabila kemudian ada request terhadap object http yang sama oleh komputer client yang sama maupun berbeda maka proxy server akan meresponya dengan terlebih dahulu mengecek pada directori cache apakah object yang diminta tersebut ada, kemudian membandingkanya dengan header dari server original, jika belum kadarluarsa object tersebut akan diberikan ke client, sehingga seolah olah object tersebut tetap berasal dari server original.

• Keuntungan mengunakan proxy:

Hemat dalam pengunaan bandwith

Bisa memfilter akses internet ke luar, misalnya memfilter situs situs tertentu untuk di akses.

Dapat membatasi besar data yang di download.

Dapat membatasi waktu akses internet.

• Kerugian mengunakan proxy:

Akses ke halaman web yang mengandung from login agak sulit dicapai proxy

• Proxy server yang di gunakan di Departemen Perindustrian:

Memakai sistem operasi windows bisa memakai ISA 2000, 2004, 2006.

Microsoft Server 2000, 2003.

Web Serverv

Web server adalah software server yang menjadi tulang pungung dari Word Wide WEB (WWW). Web server menunggu permintaan dari client yang mengunakan browser seperti netscape navigator, Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan program browser lainnya.

Fungsi dari web server adalah untuk menempatkan halaman-halaman web yang telah kita buat supaya orang bisa melihat dimanapun berada di seluruh dunia dan selama 24 jam. Karena server tidak akan dimatikan kecuali rusak.

Wireless LANv

Wireless LAN juga merupakan salah satu media transmisi yang digunakan di Sisjarinfo. Alat yang digunakan adalah wireless buatan D-link, Lynksys. Pengguna wireless harus mendaftarkan.

Client

Perangkat keras pada client yang digunakan Sisjarinfo sebagai berikut:

Workstasion (client)

Processor : Intel Penrium IV Core 2 duo 1,69-1,7 GHz

RAM : 256- 512 MB

Hardisk : 40-120 GB

VGA : Onboard

Monitor : Compaq 15-17 inchi dan LCD 15-17 inchi.

Kompunen Perangkat Lunak (software)

Yang dimaksud perangkat lunak (software) adalah perangkat lunak dari sistem Komputer sehingga dapat diperguankan dalam pengoprasianya dan dapat berjalan sesuai fungsinya.

Perangkat lunak pada server yang diguankan Sisjarinfo sebagai berikut:

Sistem Operasiv

• Windows XP version 2002, service park 2-service park 3 Original

Digunakan oleh komputer client.

Aplikasi Data Basev

Sekarang database di Sisjarinfo mengunakan database engine: Oracle 10G. Yang memiliki kelebihan dalam mengolah database dalam skala besar (khusus untuk client-server).

Pengolaan Katav

Mengunakan Microsoft office 2000, 2003, 2007. Untuk linux open office 2.5-2.4

Internet Server Provider (ISP)v

Departemen Perindustrian RI mengunakan 2 ISP yaitu:

• Wasantara

Dengan FO Bandwidth 752 Kbps Bandwidth

• Firsh Media

Firsh Media bekerja sama dengan PT Merta. Memiliki WAVE LAN (point to point) dan besar bandwith 3.5 Mbps

Anti Virus Serverv

Sever dan seluruh Workstation (client) di Departemen Perindustrian RI menggunakan Kaspersky Anti Virus 6.0 dan untuk update digunakan Kaspersky Administrator kit server untuk mengupdate secara langsung dari internet dan mengirim updatennya secara otomatis ke client-client kaspersky.

Jaringanv

• DHCP Sever : kario/winroute 4.455bg DHCP server

• DNS : ISA server atau DNS dan Proxy stabil router dan secure computing

• Cisco 10g disebut jaringan software

Administrasi Jaringan Client Server

Dengan mengunakan topologi star, cocok untuk keadaan skema jaringan LAN di Departemen Perindustrian RI. Karena topologi Start paling fleksibel, Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak menggangu jaringan lain, kontrol terpusat, kemudahan deteksi dan isolasi.

  • Koneksi Antara Client dan Server

Karena antara client dan server menggunakan sistem operasi yang berbeda, maka untuk mengkoneksikanya menggunakan TCP / IP merupakan protokol standar pada jaringan internet yang menghubungkan banyak komputer yang berbeda jenis baik mesin maupun sistem oprasi agar dapat berinteraksi satu sama lain. Serta menggunakan referensi model OSI yang menggambarkan bagaimana informasi dari suatu software aplikasi pada sebuah komputer dapat berpindah melewati sebuah media jaringan ke suatu software aplikasi di komputer lain.

  • Transmisi Data Dari Server Ke Client

Di Departemen Perindustrian RI terdiri dari 20 tingkat, memiliki 20 magement switch dan sebuah router . Dan setiap tingkatnya terdiri dari 10 – 26 workstation (client) yang dihubungkan dengan media transmisi Unshielded Twisted Pair Cable (UTP). Setiap satu lantai diberikan 1 switch yang menghubungkan ke router.

Apabila client meminta data ke server maka harus melalui jalur yang telah ditentukan. Contoh : client pada lantai 20 meminta data ke server yang terletak di lantai 3. Maka client tersebut harus melalui Backbone Switch Cisco Cataliys 29000 yang terletak di setiap lantai 3 melalui FO, diteruskan ke Switch Cisco WS-C3550-24SMI dan akan diteruskan ke server. Dan server melayani permintaan client. Data dan informasi yang didapat dari server akan ditujukan ke client yang ada di lantai 20. Dari server ke Switch Cisco WS-C3550-24SMI, diteruskan ke Backbone Switch Catalys 2900 dan sampai pada client yang dituju.

  • Tingkat Keamanan

Tingkat keamanan dalam jaringan Local Area Network (LAN) cukup bagus. Karena selain menggunakan antivirus yang selalu ter-update setiap hari juga menggunakan Proxy server yang cukup handal. Karena dalam proxy server terdapat firewall yang berfungsi untuk menyaring data yang yang masuk dan keluar jaringan internal dan juga menolak apabila terditeksi bahwa paket data atau informasi berbahaya bagi jaringan LAN. Selain itu, terdapat Cisco Firewall PIX 515E dan Cisco ASA fungsinya sebagai firewall antara Intarnet atau WAN (Wide Area Network) ke LAN (Local Area Network) atau Lokal di Departemen Perindustrian RI.


edit post
0 Response to 'cara mudah membuat jaringan komputer'

Poskan Komentar